Friday, August 30, 2013

Danau Pink

Danau Pink

Di Australia, terdapat danau yang secara alami digenangi air yang berwarna pink. (Danau Hillier)

danau Hillier di Australia

Danau Hillier adalah danau dengan air yang berwarna merah muda atau pink (mirip warna permen karet). Danau tersebut terletak di Middle Island, pulau terbesar di Kepulauan Recherche, Australia Barat.

Danau merah muda di Middle Island

Sampai saat ini, warna merah muda danau Hillier masih menjadi misteri. Meski demikian, terdapat spekulasi yang menyebut bahwa warna pink tersebut berasal dari pewarna yang diproduksi organisme Dunaliella salina dan Halobacteria yang hidup di air danau Hillier.

Dugaan lain mengatakan bahwa warna merah muda tersebut muncul karena warna merah bakteri Halophilic dan kerak garam yang terkandung di dalam air danau. Warna air danau tersebut bukanlah tipuan cahaya. Anda bisa membuktikannya dengan mengambil air danau dan menampungnya di dalam wadah. Warna merah muda tersebut tetap dapat terlihat meski telah dipindahkan ke dalam wadah.

Kepulauan Recherche, Australia Barat

Menurut sejarah, danau Hillier ditemukan oleh Matthew Flinders (seorang navigator dan hydrographer asal Inggris). Pada tahun 1802, Flinders mendaki puncak tertinggi di tengah Middle Island (kemudian dikenal sebagai puncak Flinders) untuk melakukan survei perairan di sekitarnya. Saat itulah ia menemukan danau yang mengandung air berwarna merah muda tersebut. Sebelumnya, danau Hillier hampir tidak pernah tersentuh tangan manusia. Baru setelah ditemukan, danau tersebut terus menerus didatangi pengunjung yang penasaran dengan warna airnya yang tidak biasa.

Fakta via Wikipedia

Fakta4