Friday, August 2, 2013

Daya Ingat Ikan Mas Hanya 3 Detik

Mitos tentang ingatan ikan mas bisa dipatahkan dengan percobaan sederhana. Bahkan anak SD sekalipun bisa melakukannya. Caranya, dengan sebuah akuarium berisi ikan mas, benda kecil yang bisa terapung, dan makanan ikan mas. Caranya, tiap memeberi makan ikan mas, sebelum menaburkan makanan, taruh pelampung di air. Baru setelah itu taburkan makanan ikan di sekitar pelampung tersebut. Ulangi kebiasan itu selama satu minggu.
Pada waktu makan berikutnya, coba taruh pelampung di permukaan air aquarium, namun jangan menaburkan makanan ikan. Maka akan terlihat ikan mas tersebut mengingat hubungan antara pelampung dengan makanan. Buktinya, ikan mas akan segera berenang menuju ke pelampung. Bahkan, setelah satu minggu kebiasaan menaruh pelampung tidak dilakukan, ikan mas masih bisa mengingatnya.
Percobaan di atas pernah dilakukan oleh pelajar 15 tahun dari kota Adelaide dan berhasil membuktikan bahwa mitos tentang ingatan ikan mas hanyalah mitos. Seorang peneliti, Culum Brown juga pernah menerbitkan hasil penelitiannya selama lebih dari satu dekade terhadap populasi ikan di alam bebas. Daya ingat ikanlah yang menyelamatkan hidup mereka. Daya ingat itulah yang mereka gunakan untuk menghindari pemangsa dan mencari makanan.

Fakta via Wikipedia

Fakta4