Monday, August 12, 2013

Kecepatan Maksimal Para Penerjun Bebas

Kecepatan Maksimal Para Penerjun Bebas

Kecepatan maksimal para penerjun bebas.

Olahraga terjun bebas adalah olahraga ekstrim yang dilakukan dengan cara menerjunkan badan dari ketinggian tertentu, dan jatuh secara bebas di udara hingga parasut dibentangkan sebelum mendarat.

"In Newtonian physics, free fall is any motion of a body where its weight is the only force acting upon it."
-Wikipedia


Meskipun begitu, penerjun bebas tidak murni dipengaruhi oleh gaya berat saja, tetapi ada gaya gesek dengan udara yang menyebabkan adanya kecepatan maksimal yang bisa diperoleh. Untuk memperoleh gaya gesek yang minimum, maka penerejun bebas memperkecil area mendatar atau mulai melompat di tempat yang udaranya lebih tipis.

Salah satu contoh penerjun bebas yang ekstrim adalah Felix Baumgartner, dia adalah penerjun bebas yang memecahkan rekor jatuh bebas tertinggi dan kecepatan terjun tercepat yang sebelumnya dipegang oleh Joseph Kittinger. Baumgartner memulai lompatan dari ketinggian 39 km dan jatuh dengan kecepatan maks. 1342 km/h. Meski begitu, Kittinger masih memegang rekor jatuh bebas terlama tanpa parasut, yaitu 4 menit 36 detik, sedang Baumgartner, hanya 4 menit 16 detik.

Info tambahan, balon yang digunakan untuk mengangkat kapsul pelompatan Baumgartner 10 kali lebih besar dari balon yang digunakan Kittinger, dan tinggi balon Baumgartner adalah 102,05 m, lebih tinggi dari tinggi patung Liberty.

Fakta via Wikipedia

Fakta4