Wednesday, August 28, 2013

Pemegang Resep Coca-Cola

Resep Coca-Cola

Pihak Coca-Cola mengatakan bahwa hanya ada dua orang yang tahu resep Coca-Cola. Keduanya dilarang bepergian dalam satu pesawat untuk menghindari resiko kehilangan resep bila pesawat (yang mereka tumpangi) mengalami kecelakaan udara.

Di perusahaan Coca-Cola, diberlakukan aturan yang menyatakan bahwa hanya dua orang petinggi Coca-Cola saja yang mengetahui resep Coca-Cola yang sebenarnya (resep asli). Faktanya, aturan tersebut diberlakukan bukan untuk menjaga kerahasiaan resep itu sendiri, melainkan hanya sebuah sensasi yang sengaja diciptakan untuk membuat minuman ringan Coca-Cola semakin istimewa bagi para konsumennya.

Tentu saja, sekarang ini resep untuk membuat minuman yang terasa seperti Coca-Cola telah banyak diketahui oleh khalayak ramai. Meski begitu, tetap saja pihak Coca-Cola tidak akan pernah membenarkan bahwa resep-resep yang beredar tersebut adalah resep asli Coca-Cola (pihak Coca-Cola memiliki hak untuk "tidak membenarkan" resep manapun yang menyangkut produknya). Bisa dikatakan bahwa pemberlakuan aturan tersebut merupakan sebuah strategi bisnis. Bila pun pesaing membuat minuman yang rasanya sama persis dengan Coca-Cola, minuman ringan Coca-Cola tetap unggul dengan "resep rahasianya".

Fakta via Snopes

Fakta4