Wednesday, August 28, 2013

What’s Up Doc?

What's up doc?

Mel Blanc, pengisi suara tokoh kartun Bugs Bunny, pernah mengalami kecelakaan serius hingga koma (selama 3 minggu). Setelah berbagai cara yang dicoba gagal untuk membangunkan Mel Blanc, dokter yang merawatnya berkata; "Bugs, can you hear me?". Mel Blanc tiba-tiba menjawab dengan suara Bugs Bunny; "What’s up doc?". Setelah itu, dokter menggunakan cara tersebut untuk membantu Mel Blanc siuman.

Pada tahun 1961, Mel Blanc terbaring dalam keadaan koma di UCLA Medical Center (LA, AS), setelah kecelakaan mobil yang hampir merenggut nyawanya. Sementara Mel tak sadarkan diri, dokter yang merawatnya berusaha membuatnya siuman dengan berbagai cara, namun Mel tetap tidak menjawab.

Suatu hari, dokter memiliki ide yang nyeleneh untuk membangunkan Mel Blanc. Dokter tersebut datang kamar Mel dirawat dan berkata "Bugs, can you hear me?" (sumber lain menyatakan bahwa dokter mengatakan; "Hey, Bugs Bunny! How are you?", ada pula yang mengatakan; "Bugs Bunny, how are you doing today?"). Hebatnya, kali ini Mel menjawab dengan suara yang masih lemah, menggunakan suara karakter Bugs Bunny; "Myeeeeh. What’s up doc?".

Dokter kemudian bertanya apakah Tweety ada di sana juga. "I tot taw a puddy tat" jawaban Mel dalam suara Tweety.

Butuh waktu sekitar tujuh bulan untuk memulihan kesehatan Mel Blanc. Dia bahkan mengisi suara Barney Rubble di episode pertama film kartun The Flintstones sambil berbaring di tempat tidur dengan mikrofon yang menggantung di atasnya.

Lebih jauh mengenai Mel Blanc dapat dilihat pada video dokumenter berikut ini (dokumentasi mengenai kecelakaan Mel Blanc dapat langsung dilihat pada menit ke-42).


Mel Blanc meninggal dunia pada usia 81 tahun (1989) karena penyakit jantung (stroke). Mel Blanc dikenal sebagai "Manusia seribu suara" berkat kemampuannya dalam mengisi suara berbagai karakter kartun terkenal.

speechless mel blanc
Speechless, poster yang dirilis untuk mengenang Mel Blanc

Selain Bugs Bunny, Mel Blanc juga menjadi pengisi suara untuk berbagai karakter Looney Tunes seperti Daffy Duck, Porky Pig, Tweety Bird, Sylvester The Cat, Yosemite Sam, Foghorn Leghorn, Marvin The Martian, Pepé Le Pew, Speedy Gonzales, The Tasmanian Devil, dll.

Fakta via Open Culture dan Wikipedia

Fakta4