Sunday, September 15, 2013

Api Unggun dari Uang Kertas

Api Unggun dari Uang Kertas Pablo Escobar

Pablo Escobar adalah seorang bandar narkoba dari Kolombia. Suatu malam dalam pelariannya, Escobar membakar tumpukan uang tunai senilai hampir Rp 20 miliar agar tubuh putrinya tetap hangat.

Saat melarikan diri dari pihak berwenang, Pablo Escobar bersembunyi bersama putrinya, Manuela, di sebuah peternakan, di daerah pegunungan yang mengelilingi kota Medellin, Kolombia. Escobar mengetahui bahwa putrinya menderita hipotermia (kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin - Wikipedia). Oleh karena itu, ia membuat api unggun dari tumpukan uang kertas senilai 20 miliar rupiah untuk menghangatkan tubuh putrinya.

Kisah tersebut diungkapkan oleh putra Pablo Escobar, Sebastian Marroqumn (yang kemudian mengubah namanya menjadi Juan Pablo Escobar), saat wawancara dengan sebuah majalah Kolombia, Don Juan.

Pablo Escobar
Pablo Escobar

Tidak hanya untuk membuat api unggun, Pablo Escobar bersama putrinya juga membakar uang kertas tersebut untuk memasak makanan.

Pablo Escobar akhirnya tertembak mati pada bulan Desember 1993 ketika mencoba melarikan diri dari kejaran polisi.

Pada puncak kekuasaannya pada tahun 1989, Escobar menempati peringkat orang terkaya ke-7 di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan diperkirakan sekitar 1.400 triliun rupiah.

Meski menjadi musuh pemerintah AS dan Kolombia, Escobar dianggap sebagai pahlawan oleh warga kota Medellin, karena sering membagi-bagikan uang kepada orang miskin.

Fakta via Daily Mail

Fakta4