Friday, September 20, 2013

Bentuk Semangka dari Jepang

Bentuk Semangka dari Jepang

Di Jepang, Anda bisa membeli semangka dengan berbagai macam bentuk (kubus. labu botol, hati, & piramid).

Semangka bulat? Ya memang begitulah wajarnya. Bagaimana dengan semangka kotak atau kubus? Nah, itulah salah satu bentuk semangka yang bisa kita temukan di Jepang. Kabarnya, semangka kotak asal Jepang tersebut bisa laku terjual dengan harga lebih dari US $800 (sekitar 9 juta rupiah, 300 kali lebih mahal dari harga semangka biasa) di pasar Rusia. Di Jepang sendiri, semangka kotak biasa dihargai sekitar US $82 (900 ribu rupiah). Mengapa begitu mahal?

Untuk mengembangkan semangka kotak, diperlukan waktu bertahun-tahun penelitian dan percobaan agar mendapatkan bentuk yang diinginkan. Semangka-semangka tersebut tumbuh di dalam sebuah wadah kaca khusus berbentuk kotak, sehingga memaksa semangka untuk tumbuh mengikuti bentuk wadah tersebut.

Sebenarnya, semangka kotak muncul sebagai solusi dari masalah orang Jepang yang kerepotan menyimpan semangka bulat di dalam kulkas mereka. Semangka bulat dinilai terlalu memakan tempat dan kurang praktis. Semangka kotak kemudian hadir dengan ukuran yang sesuai dengan kulkas orang Jepang. Meski begitu, karena harganya yang tidak murah, semangka kotak biasanya hanya digunakan sebagai hadiah untuk orang-orang tertentu saja (orang kaya pastinya), jarang sekali orang biasa membeli semangka tersebut hanya untuk keperluan konsumsi.

Tak hanya semangka kotak, seperti yang nampak di fagam, terdapat pula semangka berbentuk labu botol, semangka dengan bentuk hati, dan semangka piramid. Semua semangka unik tersebut dikembangkan dengan cara yang sama dengan semangka kotak.

Fakta via Hoax-Slayer

Fakta4