Tuesday, September 3, 2013

Lemari Besi Sebuah Resep Rahasia

Lemari besi tempat menyimpan resep rahasia Coca-Cola

Di sinilah resep rahasia minuman Coca-Cola disimpan. Coca-Cola Vault, Atlanta, AS.

Ketika Dr John S Pemberton meracik Coca-Cola pada tahun 1886, tidak ada seorangpun yang tahu mengenai resepnya selain ia dan beberapa orang kepercayaannya. Untuk menjaga kerahasiaannya, resep Coca-Cola sengaja tidak ditulis di atas kertas.

Pada tahun 1891, Asa Candler menjadi pemilik tunggal dari Coca-Cola setelah membeli hak bisnis minuman ringan tersebut. Lalu pada tahun 1919, Ernest Woodruff dan sekelompok investor kemudian membeli perusahaan Coca-Cola dari Candler dan keluarganya secara kredit. Sebagai jaminan, ia menyediakan catatan tertulis dari resep rahasia Coca-Cola dengan meminta anak Candler untuk menuliskannya di atas kertas.

Catatan resep rahasia tersebut ditempatkan dalam lemari besi di Bank Guaranty, New York, sampai kredit Woodruff dilunasi pada tahun 1925. Setelah lunas, Woodruff memperoleh resep rahasia tersebut dan menyimpannya ke dalam lemari besi di Bank Trust Company, Atlanta (sekarang bernama Bank SunTrust).

86 tahun kemudian, pada bulan Desember 2011, resep rahasia Coca-Cola dipindahkan ke World of Coca-Cola di Atlanta. Simak video pemindahan resep rahasia tersebut.


Mungkin kamu berpikir bahwa resep rahasia Coca-Cola tersebut hanya sebuah strategi marketing saja, tapi bagaimanapun, kekuatan sebuah merek salah satunya memang ditentukan oleh strategi marketingnya.

Fakta via Coca-Cola.co.uk

Fakta4