Wednesday, September 18, 2013

Ubur-ubur dan Ikan Hiu

Ubur-ubur dan Ikan Hiu

Setiap tahunnya, jumlah manusia yang mati di laut karena ubur-ubur lebih banyak daripada yang mati karena ulah ikan hiu.

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa ikan hiu adalah makhluk laut yang paling berbahaya dan sering menyerang dan menjadi penyebab kematian manusia di laut. Faktanya, tenggelam, serangan jantung, kecelakaan pantai yang mengakibatkan cedera tulang belakang, kulit terbakar, luka dari menginjak kerang laut, dehidrasi, sengatan ubur-ubur, dan kecelakaan lalu lintas laut, adalah penyebab kematian manusia yang jauh lebih banyak daripada serangan ikan hiu.

Seperti yang tertulis di fagam, setiap tahunnya lebih banyak manusia yang mati di laut karena sengatan ubur-ubur daripada serangan ikan hiu. Salah satu penyebabnya, ubur-ubur yang telah mati pun, mampu menyebarkan racun yang sangat mematikan bagi manusia.

Chironex fleckeri
Chironex fleckeri (Wikipedia)

Dari semua spesies ubur-ubur, Chironex fleckeri adalah ubur-ubur yang dikenal paling mematikan, sehingga dijuluki sebagai  the most lethal jellyfish in the world. Hewan yang termasuk dalam spesies ubur-ubur kotak (box jellyfish) tersebut, hidup di perairan pantai utara dari Australia dan Papua Nugini utara sampai Filipina dan Vietnam.

Fakta via Softschools

Fakta4