Thursday, September 19, 2013

Usia Versi Korea Selatan

Usia Versi Korea Selatan

Di Korea Selatan, bayi yang baru lahir dianggap berusia satu tahun. Penentuan usia dilakukan berdasarkan tahun lahir (bukan hari dan bulan). Jadi bila seorang bayi lahir tanggal 31 Desember, esoknya  (1 Januari) ia akan berusia dua tahun (Foto: Sicha Pongjivanich/FreeDigitalPhotos.net).

Bila kamu ke Korea Selatan, secara otomatis usiamu akan bertambah satu tahun lebih tua. Di Korea, bayi langsung berusia satu tahun pada saat lahir (diasumsikan sebagai umur saat berada dalam kandungan), bukan nol seperti dalam kebanyakan budaya lain. Uniknya, usia di Korea Selatan dihitung berdasarkan tahun lahir, bukan berdasarkan hari dan bulan lahir, sehingga setiap orang dapat dikatakan memiliki ulang tahun yang sama. Selanjutnya, silakan simak video berikut.


Untuk menghitung usiamu di Korea Selatan, gunakan rumus berikut.

(Tahun ini – Tahun lahir kamu) + 1 = Usiamu di Korea Selatan
Contoh: (2013 - 1990) + 1 = 24

Setelah perayaan tahun baru berlalu, semua orang di Korea otomatis usianya bertambah satu tahun. Hal itu akan lebih komplek bagi bayi yang lahir pada tanggal 31 Desember karena esok harinya, pada 1 Januari usianya akan menjadi 2 tahun.

Apabila kamu kurang yakin dengan usia kamu dan tiba-tiba ada orang Korea yang menanyakan usiamu, katakan saja tahun kelahiranmu :)

Fakta via Seoulistic

Fakta4