Wednesday, November 6, 2013

Gunner, Anjing Berpendengaran Tajam

Percy Leslie Westcott dan Gunner - Credit: Percy Leslie Westcott - Public Domain 

Ketika Perang Dunia II berlangsung, terdapat seekor anjing dengan pendengaran yang sangat tajam. Anjing bernama Gunner tersebut mampu memperingatkan para personel Angkatan Udara Australia dalam jangka waktu sekitar 20 menit sebelum pesawat Jepang datang menyerang.

Gunner adalah seekor anjing jantan berjenis Kelpie dengan warna bulu hitam dan putih. Gunner ditemukan dalam keadaan kaki depan patah oleh Percy Leslie Westcott dan seorang temannya di sekitar puing-puing mes pangkalan udara Darwin yang terkena bom pesawat Jepang (19 Februari 1942).

Setelah mendapat pengobatan dari dokter yang bertugas di pangkalan tersebut, Gunner kemudian diangkat menjadi anggota Angkatan Udara Australia di bawah pemeliharaan Percy Leslie Westcott. Seminggu kemudian, Gunner mulai mununjukkan kemampuan pendengarannya yang luar biasa.

Ketika para personel Angkatan Udara Australia sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing, Gunner tiba-tiba bertingkah aneh dan melompat-lompat karena gelisah. Tak lama kemudian, terdengar suara mesin pesawat Jepang yang kemudian menembaki beberapa lokasi di kota Darwin.

Dua hari setelahnya, Gunner menampakkan perilaku yang sama dengan sebelumnya, dan pesawat Jepang pun datang untuk menyerang kembali. Perilaku Gunner tersebut terus berulang hingga 2 bulan kemudian.

Jauh sebelum sirine tanda kedatangan musuh berbunyi, Gunner selalu gelisah dan bertingkah aneh. Ketajaman pendengaran Gunner ternyata mampu memberikan peringatan dini akan kedatangan pesawat Jepang sekitar 20 menit sebelumnya dan sebelum keberadaan pesawat tersebut terdeksi oleh teknologi radar saat itu.

Gunner tidak pernah menunjukkan perilaku aneh bila pesawat Angkatan Udara Australia lepas landas atau mendarat. Anjing berpendengaran luar biasa tersebut hanya akan terlihat gelisah bila mendengar suara mesin pesawat musuh. Oleh karena itu, Percy Leslie Westcott kemudian dipercaya untuk membunyikan sirine tanda bahaya setiap kali Gunner menunjukkan perilaku anehnya.

Fakta via Wikipedia

Fakta4