Saturday, November 9, 2013

PlayStation 3 Sebagai Otak Super Komputer

Rangkaian PlayStation 3 Sebagai Superkomputer
Credit: Air Force Research Laboratory

Untuk mendukung kegiatannya, Angkatan Udara Amerika Serikat memakai 1.760 unit PlayStation 3 yang saling terhubung untuk membangun sebuah super komputer.

Super komputer tersebut dinamai Condor Cluster. Angkatan Udara Amerika Serikat menggunakan Condor Cluster untuk meningkatkan kinerja radar, pencitraan satelit, dan penelitian khusus di bidang militer.

Berkat adanya 168 GPU (Graphics Processing Unit) dan 84 server yang bekerja secara paralel, super komputer tersebut mampu melakukan sekitar 500 triliun kalkulasi per detik, yang membuatnya 50.000 kali lebih cepat dari rata-rata laptop yang beredar di pasaran saat ini.

Condor Cluster dibangun dengan mengubungkan 1.760 unit PlayStation 3 model lawas (bukan yang slim), karena model terbaru dinyatakan tidak bisa dipasangi sistem operasi Linux.

Alasan dipilihnya perangkat game PlayStation 3 sebagai prosesor super komputer tersebut adalah penghematan biaya dan juga energi.

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun Condor Cluster yang ditenagai PlayStation 3 setara dengan 10 sampai 20 persen dari biaya total yang dibutuhkan bila membangun super komputer dari awal dengan menggunakan komponen yang lain.

Energi yang dibutuhkan Condor Cluster pun hanya 10 persen dari super komputer pada umumnya.

Sebagai catatan, Condor Cluster bukanlah super komputer yang dapat melakukan berbagai macam tugas komputer pada umumnya, melainkan hanya khusus diperuntukkan untuk melakukan tugas-tugas kemiliteran yang sangat spesifik.

Fakta via Cnet

Fakta4