Monday, January 27, 2014

Nama Resmi Kota Bangkok

Nama Resmi Kota Bangkok
Foto: Kuil Budha Zamrud di Phra Nakhon, Bangkok, Thailand - Aimaimyi - CC

Bangkok, ibu kota Thailand, memiliki nama resmi Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Bangkok merupakan kota terbesar di Thailand. Kota tersebut berada di tepi barat Sungai Chao Phraya, dekat dengan Teluk Thailand. Selain sebagai pusat ekonomi dan bisnis, Bangkok juga kaya dengan berbagai situs budaya, yang menjadi daya tarik wisatawan dunia.

Raja Buddha Yodfa Chulaloke
Buddha Yodfa Chulaloke - PD
Nama resmi Kota Bangkok (atau nama pemberian) yang diberikan oleh Raja Buddha Yodfa Chulaloke (pendiri kerjaan Siam, yang kini menjadi negara Thailand), dan kemudian diralat oleh Raja Mongkut (raja keempat kerajaan Siam), adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Nama tersebut terdiri atas kombinasi dua bahasa kuno India - Pali dan Sanskerta. Setelah peromanisasian bahasa ini, nama tersebut ternyata seharusnya ditulis sebagai Krung-dēvamahānagara amararatanakosindra mahindrayudhyā mahātilakabhava navaratanarājadhānī purīrāmasya utamarājanivēsana mahāsthāna amaravimāna avatārasthitya shakrasdattiya vishnukarmaprasiddhi, yang artinya "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".

Dari keterangan di atas, tidak mengejutkan kiranya bila nama resmi atau nama lengkap kota Bangkok tersebut tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia.

Fakta via Wikipedia

Fakta4