Sunday, March 2, 2014

Lagu Tema Super Mario Bros dengan Sheng

Lagu Tema Super Mario Bros dengan Sheng
Li-Jin Lee sedang memainkan Sheng | nsofilm - YouTube

Seorang musisi memainkan lagu tema game Super Mario Bros (lengkap dengan suara gemerincing koinnya) dengan menggunakan alat musik China kuno yang disebut Sheng.

Tahu Super Mario Bros? Iya, game legendaris dari Nintendo yang dirilis tahun 1985 untuk konsol NES tersebut begitu melekat di ingatan dan hati para gamer.

Tidak hanya karakter dan gameplay-nya, lagu tema yang mengiringi petualangan Mario dan Luigi dalam menyelamatkan Putri Peach dari cengkeraman Bowser tersebut, tentunya juga tak akan mudah terlupakan.

Belum lama ini, seorang musisi muda asal Taiwan, Li-Jin Lee, memainkan lagu tema game Super Mario Bros dengan menggunakan Sheng, lengkap dengan efek suara ketika Mario mengumpulkan koin emas dan juga saat ia tumbuh menjadi besar akibat jamur super. Seperti apa suaranya dan apa itu Sheng? Simak dulu video berikut ini.


Seperti yang tampak pada video, Sheng adalah sebuah alat musik tiup asal China yang terdiri dari pipa-pipa yang disusun sedemikian rupa. Menurut Encyclopedia Britannica, Sheng telah ada sejak ribuan tahun yang lalu (1100 sebelum masehi) dan sering kali dipakai sebagai alat musik pengiring dalam pertunjukan opera China.

Sheng terdiri dari dua tipe, yaitu Sheng tradisional dan Sheng Keyed. Sheng tradisional terbuat dari bambu berukuran kecil, yang memungkinkan pemainnya menutup dan membuka lubang pipa secara langsung dengan jarinya.

Sheng Keyed, atau bisa juga disebut sebagai Sheng modern (dikembangkan pada abad 20, mulai sekitar tahun 1950), terbuat dari logam dan berukuran lebih besar dari Sheng tradisional, sehingga diperlukan kunci khusus untuk menutup dan membuka lubang pipa (seperti yang dimainkan oleh Li-Jin Lee pada video di atas).


BONUS


Selain Sheng, lagu tema Super Mario Bros juga dimainkan dengan berbagai cara unik lainnya, salah satu di antaranya dapat disimak pada video dibawah ini. Selamat menonton :)



Fakta via > CNET | Wikipedia

Fakta4