Sunday, April 13, 2014

Kupu-kupu Sayap Kaca

glasswing butterfly
Foto: Eddy Van 3000 - Flickr - CC

Kupu-kupu Sayap Kaca di Pegunungan Andes.

Pada umumnya, kupu-kupu memiliki sayap yang beraneka warna, namun di daerah pegunungan Andes, terdapat kupu-kupu dengan sayap transparan alias bening.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu sayap kaca sering disebut glasswing butterfly. Di Spanyol, kupu-kupu cantik tersebut dinamai espejitos, yang berarti cermin.

Greta oto
Foto: Benjamine Scalvenzi - Flick - CC

Bila terkena sinar matahari, warna sayap serangga dengan nama latin Greta oto ini bisa berubah menjadi kuning, oranye, hijau, dsb. tergantung di mana kupu-kupu tersebut berada.


Kenapa Transparan?


Sebenarnya, semua jenis kupu-kupu bersayap transparan. Sayap transparan itu terdiri dari sisik-sisik yang memiliki pigmen warna tertentu, yang membuatnya berwarna sesuai dengan warna pigmen yang dikandungnya.

Nah, kupu-kupu sayap kaca memiliki sisik sayap yang tipis dan hampir tidak ada, sehingga terkesan bening atau transparan.

Kupu-kupu Sayap Kaca
Foto: Scott Wylie - Flickr - CC

Selain unik dan indah, sayap transparan kupu-kupu sayap kaca berguna untuk mengelabuhi pemangsanya. Berkat sayapnya yang bening tersebut, pemangsa seringkali terkecoh dan tidak menyadari posisi si kupu-kupu.

Tak hanya itu, tubuh kupu-kupu sayap kaca berasa pahit karena banyak mengandung alkaloid (yang berasal dari nektar yang menjadi makanannya), sehingga pemangsa enggan memakannya (moral: tak selamanya yang indah itu manis :D).


Habitat Kupu-kupu Sayap Kaca


Kupu-kupu sayap kaca bisa ditemukan di Meksiko, Panama, Ekuador, Kosta Rika, Venezuela, Kolombia, Peru, dan Bolivia.

espejitos
Foto: Scott Wylie - Flickr - CC

Serangga pemakan nektar tersebut hidup di hutan tropis Pegunungan Andes pada ketinggian 1400 meter.


Fakta via Wikipedia | Kidnesia

Fakta4