Tuesday, July 22, 2014

Perasaan Bersalah

Perasaan Bersalah

Perasaan bersalah diketahui bisa menjadi penyebab melemahnya sistem kekebalan tubuh. Foto: FrameAngel - FreeDigitalPhotos.net.

Jangan memelihara perasaan bersalah. Itu bisa memperpendek umur Anda. Iya, perasaan bersalah bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Perasaan bersalah yang seperti apa? Dalam hal ini, yang dimaksud perasaan bersalah adalah perasaan tidak enak, cemas, tegang, berdosa, atau menyesal karena melakukan kesenangan yang sebenarnya merugikan, seperti merokok, minum minuman beralkohol, makan makanan yang kurang sehat, dan lain sebagainya.

Bisa disebut hal kecil memang, namun bila rasa bersalah tersebut menumpuk dan dipelihara, maka kekebalan tubuh Anda akan menurun. Penurunan kekebalan tubuh bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit fisik seperti demam dan flu (belum lagi akibat psikis yang bisa mengganggu kesehatan jiwa Anda).

Untuk mengatasi munculnya rasa bersalah, ada baiknya untuk mengurangi melakukan hal-hal yang merugikan jiwa maupun raga Anda, baik dalam skala yang kecil ataupun besar. Cara lainnya, Anda bisa belajar untuk memaafkan diri Anda sendiri (atau meminta maaf kepada pihak yang mungkin terlibat dalam munculnya rasa bersalah tersebut), dan mulai melakukan aktivitas yang sekiranya lebih berpotensi positif dan menyenangkan daripada mencoba hal-hal negatif yang memicu rasa bersalah.

Fakta via Independent

Fakta4