Monday, September 22, 2014

Video Klip Animasi dengan Media Gadget Apple

Video Klip Animasi dengan Media Gadget Apple

Grup band asal Ukraina, Brunettes Shoot Blondes, menggunakan 14 gadget Apple (6 iPhone, 4 iPad, 1 iPod, dan 3 MacBook Pro) sebagai media penampil animasi video klip untuk lagu mereka yang berjudul Knock Knock (Foto: Brunettes Shoot Blondes - YouTube).

Video klip musik biasanya diperankan oleh model cantik atau tampan (dan berani?) beserta para anggota band yang bersangkutan. Ada pula yang berinovasi dengan menggunakan semacam animasi untuk menambah kesan artistik dari suatu video klip.

Di zaman gadget ini, sebuah band asal Ukraina berjuluk Brunettes Shoot Blondes, mencoba mengetengahkan video klip dengan konsep yang berbeda dengan video klip pada umumnya. Iya, seperti yang telah tertulis di atas, mereka menggunakan total 14 gadget besutan Apple untuk menampilkan animasi minimalis yang menggambarkan cerita dari sebuah lagu berjudul Knock Knock.

Animasi yang digunakan dalam video klip lagu Knock Knock tersebut digarap oleh SYT-X, studio animasi yang bermarkas di Ukraina, menggunakan Autodesk Maya dan Adobe After Effects. Dalam proses penggarapannya, video animasi tersebut dibagi menjadi 14 elemen (sesuai dengan jumlah gadget) untuk kemudian disesuaikan dengan ukuran serta perannya masing-masing.

Setelah semua proses penyesuaian selesai, tiap-tiap video diunggah pada masing-masing gadget lalu dimainkan secara bersamaan dan berkesinambungan, sehingga menghasilkan animasi yang saling terhubung antar gadget dengan susunan unik yang telah direncanakan sebelumnya. Penasaran dengan hasilnya? Cek video berikut ini.


Berdasarkan keterangan para anggota band Brunettes Shoot Blondes, mereka melakukan percobaan perekaman video klip sampai puluhan kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bila Anda tertarik dengan lagu Knock Knock, Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan legal melalui situs resmi band Brunettes Shoot Blondes.


BONUS


Pada tahun 2012, Joe Penna (MysteryGuitarMan) pernah merilis video dengan konsep yang hampir sama dengan video klip Knock Knock (dengan 4 unit iPhone saja), simak video di bawah ini (info dari Dwi Putro Mahardi, thanks sob!).



Fakta via TNW

Fakta4