Monday, January 19, 2015

Pupil Mata yang Melebar

Pupil Mata yang Melebar

Pupil mata Anda akan melebar ketika melihat seseorang yang menarik perhatian Anda (Foto: CC0 Public Domain).

Melebarnya pupil mata bisa terjadi karena beberapa sebab. Penyebab yang paling umum dapat Anda coba sendiri dengan menatap cermin lalu matikan (redupkan) lampu di kamar Anda, perhatikan pupil mata Anda melalui cermin. Benar, pupil Anda melebar.

Pelebaran pupil mata saat gelap tersebut bertujuan agar lebih banyak cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, beberapa jenis obat bisa mempengaruhi pelebaran pupil.

Dari beberapa sebab tersebut, yang paling menarik adalah penyebab yang berkaitan dengan psikologi. Iya, seperti yang tertulis pada fagam di atas, pupil mata Anda akan melebar kala melihat seseorang yang menarik perhatian Anda. Menariknya, pupil mata Anda akan menyempit saat melihat seseorang yang kurang atau tidak disukai.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah seseorang tertarik pada Anda, lihat matanya, apakah pupilnya melebar ketika melihat Anda?

Sebenarnya, terjadinya pelebaran pupil tidak terbatas pada ketertarikan pada manusia saja. Saat melihat pemandangan yang indah, hewan yang menggemaskan, makanan yang lezat, atau gadget impian, pupil Anda juga akan melebar. Jadi bisa dikatakan bahwa ketika Anda melihat sesuatu yang menarik secara visual, pupil mata Anda akan mengalami pelebaran.

Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat sebuah penelitian ilmiah yang mempelajari ukuran pupil sebagai indikator emosi, yang disebut pupillometrics. Dalam serangkaian penelitian yang dilakukan oleh Eckhard Hess, seorang ahli biopsikologi, dan asistennya James Polt, disimpulkan bahwa pria lebih menyukai wanita dengan pupil yang melebar, demikian juga sebaliknya. Jadi selain sebagai tanda ketertarikan saat melihat sesuatu yang menarik, pelebaran pupil juga dipandang sebagai suatu yang menarik perhatian.

Fakta via BodyLanguageExpert

Fakta4