Friday, September 25, 2015

Ganti Oli Mobil Bugatti Veyron

Bugatti Veyron Grand Sport White

Biaya ganti oli dan servis rutin untuk mobil Bugatti Veyron mencapai 21.000 Dolar Amerika atau sekitar 300 juta Rupiah (Gambar: Ed Callow - Flickr - CC BY 2.0).

Saat membeli kendaraan bermotor (berapapun rodanya), selain menyiapkan biaya pembelian, kita juga harus mempersiapkan biaya perawatannya (seperti servis rutin dan ganti oli). Tak ubahnya dengan mobil mahal macam Bugatti Veyron sob. Mobil eksotis berentang harga antara 1,7 sampai 2,7 juta dolar Amerika tersebut juga butuh yang namanya ganti oli dan servis rutin.

Seperti yang tertera pada fagam di atas, untuk keperluan servis rutin dan ganti oli (yang dilakukan setiap 3000 mil atau setahun sekali), Bugatti mematok harga sekitar 300 juta Rupiah (kurs 14 ribuan/dolar). Sekali servis & ganti oli bisa buat beli mobil baru sob :D

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport
Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport (Gambar: M 93 - CC BY-SA 3.0 de)

Belum lagi penggantian part seperti ban yang dilakukan tiap 2500 mil, uang yang harus direlakan mencapai 40 ribu dolar Amerika (sepaket sob, isinya 4 buah ban khusus untuk Bugatti Veyron plus pemasangannya).

Tidak hanya itu, masih ada biaya tambahan yang wajib ditebus untuk memastikan Bugatti Veyron bisa dikemudikan dengan tenang dan nyaman; yaitu biaya pajak dan asuransi (yang nilainya bervariasi tergantung kebijakan tiap wilayah/negara, rata-rata puluhan ribu dolar).

Apa sih hebatnya Bugatti Veyron, kok mahal banget harga serta perawatannya? Untuk Anda yang belum tahu, Bugatti Veyron adalah mobil produksi tercepat di dunia yang mampu melaju pada kecepatan 430,98 km/jam (versi Guinness World Records). Mobil yang mampu melesat secepat itu tentunya bukan mobil biasa sob, masuk kategori mobil super alias supercar, jadi wajar harganya selangit.

Lalu siapa saja yang punya mobil level dewa tersebut? Menurut CEO Bugatti, Wolfgang Duerheimer, pemilik mobil Bugatti Veyron rata-rata adalah orang-orang kaya yang biasanya memiliki sekitar 84 mobil, 3 jet, dan 1 yacht. Siapa saja? Beberapa di antaranya adalah Tom Cruise, Jay-Z, dan Xzibit (wajar, artis kondang semua sob).

Bugatti Veyron 16.4 Super Sport
Bugatti Veyron 16.4 Super Sport (Gambar: Supermac1961 - Flickr - CC BY 2.0)

Nah, jika Anda cukup kaya untuk membeli sebuah mobil Bugatti Veyron, pastikan Anda juga cukup kaya untuk membayar biaya perawatannya ;)

Fakta via AutoInsurance

Fakta4