Monday, September 21, 2015

Taksi Pribadi Lewat Jalur Bus

Taksi Pribadi Lewat Busway

Seorang miliarder dari Irlandia mendirikan perusahaan taksi pribadi (yang hanya terdiri dari sebuah mobil) agar ia bisa melewati jalur bus dan menghindari kemacetan (Gambar: Irish Typepad - Flickr - CC BY-SA 2.0).

Tillingdale (Tillingdale Limited) adalah sebuah perusahaan yang berbasis di kota Mullingar, Irlandia. Didirikan pada tahun 2000 sebagai penyedia manajemen furnitur dan layanan pembiakan kuda di bawah nama Gigginstown House Stud. Uniknya, Tillingdale juga beroperasi dibawah nama O'Leary Cabs, yang menyediakan layanan taksi (iya, taksi pribadi).

Tentu saja bukan layanan taksi biasa sob. Perusahaan yang hanya memiliki sebuah mobil taksi tersebut dimiliki sepenuhnya oleh miliarder bernama Michael O'Leary, seorang CEO dari maskapai penerbangan Ryanair. Sebagai pebisnis, ia dituntut untuk selalu tepat waktu. Oleh karena itu (atas nama perusahaan, Tillingdale Ltd.) Michael O'Leary membeli plat nomor serta surat izin khusus taksi (dengan biaya sekitar 98 juta rupiah pertahun) untuk mobil pribadinya (Mercedes-Benz S-Class), sehingga bisa digunakan untuk melewati jalur bus dan terhindar dari kemacetan panjang.

Fakta via Wikipedia 1, 2.

Fakta4