Thursday, September 24, 2015

Tanggal Kedaluwarsa pada Botol Air Mineral


Tanggal kedaluwarsa yang tertera pada botol air mineral bukan ditujukan untuk airnya, melainkan untuk botolnya (Gambar: CC0 Public Domain).

Seperti yang kita tahu, air putih atau air mineral tidak kedaluwarsa sob, tapi mengapa ada tanggal kedaluwarsa pada botolnya?

Alasannya adalah peraturan. Semua produk pangan yang beredar di Indonesia (termasuk yang air mineral dalam kemasan botol plastik) harus disertai dengan tanggal kedaluwarsa. Pemerintah melalui Undang-undang no. 7 tahun 1996 tentang Pangan telah mewajibkan produsen pangan untuk mencantumkan informasi waktu kedaluwarsa produknya.

Jadi tanggal kedaluwarsa di botol pastik air mineral hanya formalitas ya (sekedar patuh peraturan)?

Tidak juga sob, tanggal kedaluwarsa pada produk air mineral ternyata memiliki fungsi penting. Dalam proses produksi, terkadang terdapat permasalahan yang menyebabkan produk makanan (dalam hal ini air mineral dalam botol plastik) tidak layak untuk dikonsumsi (misalnya karena kontaminasi bahan tertentu). Oleh karena itu, produsen biasanya akan menarik produk tersebut dari pasaran, namun tidak semuanya sob, hanya produk yang diproduksi pada tanggal, bulan, tahun sekian saja yang akan ditarik (karena hanya produksi masa itu saja yang terkontaminasi). Nah, di situlah tanggal kedaluwarsa pada botol air mineral berperan penting (memudahkan produsen untuk memilah produk mana yang perlu ditarik dan mana yang tidak).

Anak lelaki minum air mineral (cc0 public domain)

Selain itu, tanggal kedaluwarsa tersebut ternyata berlaku sob, bukan untuk airnya melainkan untuk botol plastiknya. Botol penampung air mineral terbuat dari polyethylene terephthalate (PET). Bahan tersebut berkarakter kuat, transparan, tidak beracun, dan tidak mempengaruhi rasa. Meski begitu, botol yang dibuat dari PET akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu (mengeluarkan bahan kimia tertentu), sehingga berpengaruh pada kualitas dan rasa air yang ditampungnya. Nah, agar rasa dan kualitasnya tetap terjaga (dan terhindar dari efek negatif bahan kimia tadi), kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral sebelum tiba masa kedaluwarsanya (ingat, masa kedaluwarsa botolnya, bukan airnya).

Fakta via LiveScience

Fakta4