Saturday, September 26, 2015

Uap Air dan Pesawat Ruang Angkasa

Uap Air pada Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa

Sebagian besar gas yang mengepul di sekitar area peluncuran pesawat ruang angkasa bukanlah asap roket, melainkan uap air yang berguna untuk melindungi badan pesawat dari kerusakan akibat gelombang suara ketika lepas landas (Gambar: CC0 Public Domain).

Penggunaan air untuk melindungi pesawat ruang angkasa yang sedang lepas landas disebut dengan Sound Suppression System. Seperti namanya, sistem tersebut sengaja dirancang untuk mengurangi gelombang suara yang memantul dari landasan (Mobile Launcher Platform) ke badan pesawat sob. Gambarannya bisa disimak pada video berikut.


Sekitar 6.6 detik sebelum roket dinyalakan, air dari tangki berkapasitas 1.100.000 liter mulai dialirkan melalui pipa yang terhubung ke ventilasi knalpot roket. Setelah itu, menara yang berada di sekitar Mobile Launcher Platform; disebut Rainbirds; mulai menyemprotkan air ke area bawah sekitar knalpot roket untuk melindungi pesawat dan landasan dari kerusakan akibat energi gelombang suara yang muncul saat peluncuran.

Selama sekitar 41 detik, Sound Suppression System akan mengosongkan tangki yang berisi sekitar sejuta liter air tadi sob, sehingga menghasilkan gumpalan uap air raksasa yang menyelimuti area peluncuran pesawat yang sering dikira asap roket :D

Fakta via NASA

Fakta4