Friday, October 2, 2015

Heterochromia iridum: Mata Beda Warna

Heterochromia iridum: Mata Beda Warna

Heterochromia iridum adalah perbedaan warna pada iris mata manusia maupun hewan yang terjadi karena kelebihan atau kekurangan sel melanin (Gambar: CC0 Public Domain).

Istilah heterochromia berasal dari kata heteros (berbeda) dan chroma (warna) dalam bahasa Yunani kuno. Dalam dunia anatomi, heterochromia bisa diartikan sebagai perbedaan warna yang terjadi pada iris mata, rambut, atau kulit akibat kekurangan atau kelebihan melanin (pigmen). Perbedaan warna tersebut dapat diwariskan, atau disebabkan oleh genetik (mosaicism, chimerism), penyakit, dan cedera.

Heterochromia pada umumnya terjadi pada iris mata (disebut heterochromia iridum atau heterochromia iridis). Warna iris mata ditentukan oleh perkembangan sel melanin di dalam tubuh. Iris mata yang terkena heterochromia bisa terjadi karena kelebihan melanin (hyperchromic) atau kekurangan melanin (hyperchromic). Pada manusia, kelebihan melanin pada jaringan iris mata disebut hyperplasia. Sebaliknya, kekurangan melanin pada jaringan iris mata disebut hypoplasia.

Secara garis besar, heterochromia iridum dibagi menjadi tiga jenis:

Heterochromia penuh: Terjadi bila warna iris mata yang satu dengan lainnya berbeda total. Misalnya iris mata sebelah kanan bewarna biru sedangkan sebelah kiri bewarna cokelat.

Heterochromia penuh
Heterochromia penuh (CFCF - CC BY 4.0)


Heterochromia sebagian: Dalam satu mata terdapat dua warna iris yang berbeda.

Heterochromia sebagian
Heterochromia sebagian (Konoco56 - CC BY-SA 3.0)


Heterochromia sentral: Mirip heterochromia sebagian, namun perbedaan warnanya berada di sekeliling pupil mata.

Heterochromia sentral
Heterochromia sentral (CC0)


Siapa saja yang mengalami heterochromia iridum? Ternyata banyak sob, terutama artis luar negeri. Di antaranya Henry Cavill (Man of Steel), Robert Downey, Jr. (Iron Man), Mila Kunis (The Book of Eli), dan Olivia Wilde (Tron: Legacy). Bagaimana dengan artis Indonesia? Sayangnya (sampai saat ini) tidak ada data yang valid mengenai heterochromia iridum pada artis atau tokoh dari Indonesia (mungkin ada yang tahu?).

Mila Kunis
Mila Kunis (Reuters)


Selain mata manusia, Heterochromia iridum juga terjadi pada mata hewan seperti kucing (seperti yang tampak di fagam). Beberapa jenis kucing, terutama yang berwarna putih, mempunyai kecenderungan memiliki warna mata yang berbeda, misalnya jenis Turkish Van, Turkish Angora, Khao Manee, dan Japanese Bobtail. Tak hanya kucing, beberapa jenis anjing (seperti Siberian Husky, Australian Shepherd, dan Catahoula Leopard) dan kuda juga diketahui mengalami Heterochromia iridum.

Bob (Minions)
Bob (Illumination Entertainment)


Masih ada lagi sob, karakter fiksi (dalam film, animasi, anime, dsb.) ternyata tidak sedikit yang memiliki warna iris mata yang berbeda. Contohnya Bob (Minions), Dartz (Yu-Gi-Oh!), Hatake Kakashi (Naruto), dan Migeira (Samurai Deeper Kyo). Masih ada lagi? Sebutin aja sob :D

Fakta via Wikipedia

Fakta4